Menikmati Kota Lama Semarang dengan Bus Tram Semarjawi

土曜日, 5月 09, 2015


Halo semuanya! Untuk membuka postingan pertama ini, saya ingin memberi sebuah kabar gembira. Sebenernya, saya sudah kuliah di Semarang (pindah kota mulu sekolahnya) jadi bagi Blogger regional Semarang, yuk mari yang mau Kopdar kita atur jadwal. 

Ahya, selain itu kalau saja kalian sudah pernah bertemu blog ini pada tahun 2010, saya juga ingin memberikan sebuah berita, bahwa blog ini sudah ganti URL. Eiiits, tapi masih tetep Perjalanan-Delapan kok.

Dipostingan saya yang pertama ini (setelah beberes blog dan ganti konsep) saya ingin sharing mengenai pengalaman jalan-jalan saya di Semarang. Yaitu naik Bus Tram Semarjawi  memutari Kota Lama Semarang. 
Semester satu merupakan semester adaptasi bagi saya. Semarang merupakan kota yang belum pernah saya kunjungi sama sekali. Berkuliah disini juga membutuhnya tenaga ekstra untuk beradaptasi. Dimulai dari mengenal bentuk kulinernya, tata krama dalam masyarakat Jawa Tengah (maklum saya orang Jawa Timur soalnya wkwk), destinasi wisatanya, jalanan di kota maupun tempat strategis untuk bertahan hidup (baca : tempat makan, ATM). Untung saja di Semarang ini, banyak teman sekelas saya yang merupakan orang asli Semarang. 

Tempat wisata pertama yang saya kunjungi di Semarang adalah Simpang Lima. Iya, secara dekat sekali dengan kos saya saat itu sebelum akhirnya pindah Tembalang wkwkw. Semarang bukanlah kota yang terlalu padat seperti Surabaya. Masih termasuk "biasa wae" untuk ukuran kepadatan ibukota Provinsi. Toleransi di kota ini juga bagus. Saya banyak menemukan berbagai tempat ibadah seperti vihara, gereja, masjid ataupun klenteng.

Jalanan di wilayah Semarang tidak terlalu rumit. Ketika kita nyasar, kita akan bisa kembali ke tempat awal kita memulai perjalanan tadi. Hanya saja, di beberapa ruas jalan Semarang, kepadatan kendaraan masih terbilang cukup sering.

Wah malah ngomongin Semarang nih wkwk. Yaudah yuk kita mulai cerita tentang jalan-jalan dengan Semarjawinya. Saat itu hari Jum'at selesai perkuliahan terakhir. Teman saya yang hobinya scrolling timeline instagram mempunyai ide mengajak saya jalan-jalan ke daerah Kota Lama Semarang karena dia tau saya sering banget gabut dikosan wkwk. Saya lalu mencari referensi mengenai Kota Lama Semarang. Saat saya Searching di google, saya menemukan sebuah tulisan mengenai transportasi wisata berupa Bus Tram, yaitu Semarjawi. Tak banyak bicara saya lalu mencari informasi tentang transportasi wisata tersebut. Saya menemukan website Semarjawi (update 2017, dikarenakan website yang expired, saat ini www.semarjawi.com tidak dapat di akses) dan menemukan tata cara membeli tiket Semarjawi melalui Retro Cafe di Kota Lama Semarang.

Akhirnya pada hari Sabtu diputuskan untuk berangkat bersama berkeliling Kota Lama menaiki Bus Tram Semarjawi.

Semarjawi merupakan sebuah akronim dari "Semarang Jalan-Jalan Wisata", transportasi ini berbentuk bus Tram yang membawa maksimal 40 wisatawan memutari wilayah Kota Lama, Semarang. Rute perjalanan Semarjawi dimulai dari Taman Srigunting, memutar melalui Kantor Pos Kota Lama, Stasiun Tawang hingga kembali lagi menuju Taman Srigunting. Harga tiket Semarjawi saat saya naik sekitar 15 ribu rupiah, karena saat itu Weekend.Tetapi pada saat hari-hari biasa kalian bisa membeli tiketnya seharga 10 ribu rupiah saja. Dan lama perjalanannya kurang lebih 40 menit. Di dalam Bus ini ada beberapa bagian kursi penumpang, yaitu diatas dan di bawah. Kita bisa memilih, mau menikmati Kota Lama dari atas Bus, atau jika kalian takut ketinggian, kita bisa menikmatinya dari kursi penumpang dibelakang supir.

Tangga menuju lantai 2 Semarjawi

Kursi Penumpang pada lantai 2 Semarjawi

Bagian dalam Semarjawi, Kursi dibelakang sopir

Hal yang seru ketika menaiki Semarjawi adalah, kita bisa tau banyak tentang isi dari Kota Lama secara keseluruhan. Mulai dari bangunan-bangunannya yang ternyata masih beroperasi, seperti Museum Teather yang berlambang semut merah, Kantor Pos Kota Lama, Stasiun Tawang, Pintu Air dan lain sebagainya. Tour Guide Semarjawi yang pembawaannya sangat menyenangkan, juga menjelaskan tentang sejarah bangunan-bangunan tersebut. Saya juga menemukan beberapa hiburan yang lewat di Kota Lama saat saya naik Semarjawi. Saat melewati deretan Semarang Art Gallery, terdapat konvoi vespa.

Jalanan di sekitar Kota Lama juga sangat memungkinkan untuk dilewati Semarjawi. Tidak macet maupun tidak banyak juga jalanan yang rusak.

Jalanan di sekitar Kota Lama
Konvoi Vespa

Kantor Pos Kota Lama Semarang
Kantor Pos ini juga merupakan salah satu Kantor Pos aktif dan juga masuk dalam salah satu bangunan bersejarah di Semarang. Kantor Pos ini terletak di sebelah Timur Gedung Keuangan Negara, dan di sebelah Baratnya terdapat gedung STIE BPD Jawa Tengah. Gedung ini pernah digunakan untuk Kantor Pos dan Telegraph. Hanya saja, semakin canggihnya tehnologi saat ini, maka Telegraph di Kantor Pos ini sudah tidak pernah lagi digunakan. Di depan Kantor Pos ini terdapat Tugu Titik 0 km Semarang.

Pintu Air di daerah Kota Lama Semarang

Tempat berhentinya Semarjawi ada di depan Taman Srigunting

Hingga berhenti kembali di Taman Srigunting, kami sangat puas menikmati keindahan Kota Lama dari atas Bus Tram Semarjawi. Keadaan yang tidak terlalu bising, meskipun kami berada di bangku lantai 2. Tour Guide yang penjelasannya mudah di mengerti serta pembawaannya yang santai tapi santun. Serta para penumpang yang bisa diajak kerjasama untuk saling menjaga ketertiban selama di Perjalanan.

Sejauh ini, bisa disimpulkan betapa serunya Wisata di Kota Lama bersama Semarjawi. Sayang sangat disayangkan, (update tanggal 4/10/16) Semarjawi tidak beroperasi lagi hingga waktu yang tidak di tentukan perihal perijinan ataupun hal-hal lainnya. Dan bersyukurlah dibalik banyaknya wisata di Semarang ini, saya sudah sempat mencoba untuk naik Bus Tram ala-ala luar negeri gitu wkwkw.

Mungkin bagi yang belum pernah naik Tram ini, kalian saat ini hanya bisa melihatnya di beberapa artikel/melalui foto. Tapi dari saya sendiri juga berharap semoga Bus Trem Semarjawi ini kembali beroperasi. Agar wisatawan maupun masyarakat kota Semarang sendiri bisa menikmati indahnya kota ini dengan transportasi yang unik.

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke Kota Lama, Semarang, bisa ikuti petunjuk arahnya ya!


Sekian Perjalanan kali ini! Sampai jumpa di Post selanjutnya!

You Might Also Like

0 Signature's

Terimakasih atas jejaknya :)

Subscribe